Kado Ulang Tahunku :)

Waktu saya berulang tahun ke 30 di bulan Oktober kemarin, saya mendapatkan sesuatu yang sangat istimewa. Sudah lama saya mengidam idam untuk memiliki seekor anjing, dan akhirnya saya mendapatkannya.

Ia seekor anjing jantan. Saya beri nama dia Cihuy. Mengapa? Karena dia adalah seekor anjing yang sangat periang and aktif. Panjangnya Cihuy Omnivora, seperti 2 saudara sesama hewan yang lain yang lebih dulu saya pelihara yaitu Pablo Omnivora dan Grommit Vomit Omnivora.

Pada awalnya dia sangat kurus, dan saya hanya berani memberinya makan makanan kering saja (ini karena pemilik sebelumnya berkata bahwa sebaiknya dia tidak diberi makanan lain selain makanan kering khusus untuk anjing karena akan berakibat inilah itulah), tapi kelamaan saya merasa kasihan dan mulai memberinya makanan natural. Menurut survey saya melalui tulisan dan artikel kesehatan tentang anjing, hanya memberinya makanan kering adalah hal yang sangat tidak sehat karena walau bagaimanapun, adalah lebih sehat jika anjing diberi makanan natural seperti halnya kita.

Ini Cihuy sebelum saya mulai memberinya makanan natural:

Cihuy umur 4,5 bulan

Maka, saya mulai memberinya makanan sebagai berikut:

– Ayam atau daging sapi mentah beserta tulangnya dicampur dengan sayuran mentah juga

Usus anjing lebih bisa mencerna makanan dengan baik apabila makanan tersebut belum dimasak, terutama daging dan tulang, baik ayam maupun sapi. Jangan sekali kali memberinya tulang ayam yang sudah dimasak karena bisa  membuatnya tersedak atau malah melukai tenggorokan dan ususnya. Akibatnya bisa menyebabkan anjing kita meninggal dunia. Hmmm sediih…

Makanya, hanya beri tulang ayam yang masih mentah.

Kadang saya campur daging mentah dan sayur dengan nasi dan saya campur dengan sedikit air supaya mempermudah ketiganya menyatu jadi anjing saya nggak bisa pilih-pilih mana yang mau dimakan dan mana yang tidak mau dimakan.

Sayuran yang diberikan sebaiknya diparut terlebih dahulu supaya lebih mudah dicerna.

– Kadang saya memberinya nasi dan tempe dengan kuah kaldu atau nasi dengan hati ayam/sapi yang sudah direbus

– Juga saya beri makanan tambahan berupa buah seperti pepaya, pisang, dan serat jeruk. Kadang saya memberinya biskuit seperti Biskuat, atau roti marie regal. Kerupuk dan keripik juga dia doyan.. apalagi keripik tempe. He he he…

Saya hanya memberi dia makanan kering (pelet anjing) sebagai snack atau ketika saya ingin melatih trik dan kedisiplinan buat dia. Hasilnya, beratnya anjing saya menjadi ideal, dan dia lebih lincah serta lebih sehat.

Coba lihat, perbedaannya besar kan :

Cihuy umur 6 bulan

Umurnya sekarang sudah masuk 9 bulan. Dan dia makan besar 2 kali sehari. Tiap pagi saya anjak dia jalan jalan supaya dia tetap sehat dia terbiasa bisa pup dan pee di luar rumah.

Iklan

3 thoughts on “Kado Ulang Tahunku :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s