Jalan Jalan Pagi

Seperti biasa, puppy saya yang beranjak dewasa si Cihuy Omnivora tiap pagi selalu bangun dengan cute. Biasanya sekitar pukul setengah tujuh. Langsung dia stretching dan membangunkan saya dengan riang gembira. Namanya juga Cihuy.. harus riang gembira dong ya..

Anyway, dia selalu mengajak saya jalan-jalan pagi. Dan herannya, sengantuk apapun saya, saya selalu saja tidak bisa menolaknya dan saya jadi ikut riang juga dan bersemangat untuk jalan pagi.

Nah, pagi ini kami keluar rumah pukul tujuh kurang sedikit. Dengan bersemangat kami keluar. Cihuy geal geol aja pantatnya. Buntutnya goyang-goyang dan posisi badannya sudah mau ngebut saja. Jadinya, saya yang pegang tali anjing jadi termotivasi ikutan jalan ngebut juga.

Pagi ini rutenya: jalan di gang Surami ke barat, belok ke arah utara sampai tembus jalan Tirtodipuran. Kami berkeliaran di sekitar jalan Tirtodipuran sampe Cihuy lidahnya keluar-keluar alias keringetan lalu balik lagi ke gang Surami.

Aku dan Cihuy di bawah matahari pagi 🙂

Seperti biasa, setiap pohon dan tiang yang dia temui, selalu diendus, juga tidak lupa ditandai dengan air pipis dan cakaran di tanah. Yang menarik dari jalan-jalan pagi ini adalah, Cihuy biasanya cuma pup 1 kali di pagi hari, tapi pagi ini dia pup 3 kali! Hehehe..

Cihuy.. semalam kamu makan dinosaurus ya?? Pupnya banyak sekali :p

Sedikit berbagi tentang kegiatan jalan pagi saya bersama Cihuy, saya merasa sangat bersyukur bahwa saya punya seekor motivator kecil untuk menyemangati saya berjalan kaki tiap pagi. Karena saya pada dasarnya memang perlu motivator untuk melakukan olah raga setiap harinya.

Sebagai manusia perempuan yang sudah menginjak usia 3o… cieee.. (saya nggak malu kok dengan usia saya yang kepala tiga ini), saya perlu hidup lebih teratur dan memanfaatkan waktu saya dengan hal-hal yang lebih berguna. Setelah saya melakukan kegiatan jalan kaki pagi dengan rutin, saya merasakan bahwa saya jadi lebih mudah tidur, dan badan saya lebih fit.

Tentu saja, karena ternyata jalan pagi dengan rutin memilik manfaat sebagai berikut:

 Meningkatkan semangat

Berjalan ternyata dapat meningkatkan semangat, suasana hati, menghilangkan stres. Sebuah studi yang dimuat dalam Annals of Behavioral Medicine menunjukkan, siswa yang berjalan secara teratur memiliki tingkat stres yang lebih rendah dibandingkan mereka yang terlalu sering duduk, berolahraga sedikit atau tidak sama sekali. Berjalan juga dapat membantu Anda mendapatkan oksigen lebih selain juga dapat memfasilitasi pelepasan endorfin dan mendapatkan hormon baik.

Mengurangi risiko sakit jantung dan stroke

Berjalan selama 30 sampai 45 menit setiap hari membantu meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini juga membantu dalam meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah dan menurunkan kolesterol jahat (LDL), sehingga melakukan fungsi pelindung secara keseluruhan.

 Mempertahankan tingkat gula darah

Berjalan kaki selama 45 menit di pagi hari bisa membantu penderita diabetes mengontrol kadar gula darah. Misalnya, berjalan selama 10 sampai 15 menit setelah makan dapat membantu menurunkan gula darah postprandial. Sedangkan berjalan kaki selama 30 menit atau lebih pada malam hari membantu dalam mengendalikan kadar gula darah.

Berjalan tidak hanya menguntungkan bagi penderita diabetes, tetapi juga membantu dalam mengurangi resiko terkena diabetes pada orang-orang yang rentan terhadap penyakit ini.

Membuat Anjing Kita (dan kita sendiri) Menjadi Lebih Sehat dan Memperkuat Ikatan Emosional Kita Dengan Si Dogi

Berjalan kaki dengan anjing kita memberikan kita dan anjing kita aktivitas yang sifatnya rekreasi selain manfaat kesehatan seperti di atas. Jika kita membangun kebiasaan jalan kaki dengan anjing kita, kita tidak akan bisa seenak diri kita sendiri untuk mengurungkan niat berjalan kaki di waktu waktu tertentu yang sudah kita set-up dengan anjing kita untuk berjalan kaki. Cihuy sendiri, tidak akan berhenti naik ke tempat tidur saya dan mengendus muka saya kalau saya belum bangun dan benar-benar keluar dari rumah dan mengajak dia jalan kaki. Pokoknya, Cihuy adalah personal trainer terbaik yang pernah saya miliki.

Keuntungan lain dari berjalan kaki di pagi hari selain membuat saya tidur nyenyak, adalah…. puppy saya akan ngorok dan tidak kan bandel bermain sampai larut  malam 🙂

Begini nih tampangnya Cihuy kalau malam. Pulas dengan puas...

Maka itu saudara saudari, saya sarankan untuk menyempatkan diri berjalan kaki tiap pagi atau sore dengan anjing anda. Anda sehat, anjing juga  sehat.


Iklan

4 thoughts on “Jalan Jalan Pagi

  1. Pertanyaannya: apakah ketika jalan pagi kamunya kipit2 juga 🙂 Aku pengen ngajak Cihuy balapan lari. Pemenangnya dapat Soto Ayam semangkok

  2. kemampuanmu belum ada apa2nya dibanding sama mereka2( artis2) tempo dulu….
    apa yang diutarakan melalui syair lagu / busana jelass… itu gaya kita orang timur yg punya adap budaya agama. kita di timur bukan di barat…!!!!!

    • Hihii… mas.. kalo komentar yang bener dong mas.. kemampuan apa ya? memasak? menyanyi? melukis? Artis??? Saya bukan chef, saya bukan seniman, dan saya bukan penyanyi. Kalau mau komentar tulisan mbok yang nyambung sama topik tulisannya. Saya cuma orang goblok. Emang mas doang sih yang paling gaya dan pinter dan bermoral. Hebat.. mas entar kalo udah meninggal masuk surga,dapet tujuh bidadari tanpa kutang (sesuai dengan keinginan mas yang hipokrit :))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s