Utang oh utang…

Ada seorang teman saya pernah mengeluarkan statement demikian: “Kalau kamu ingin mengenyahkan seseorang dalam hidup kamu, pinjami saja dia sejumlah uang.”

Saya pikir hal itu ada benarnya. Pasalnya, teman saya itu sudah beberapa kali mengutangi beberapa temannya dan setidaknya hampir 90 % pengutang itu tidak  mengembalikan uang yang dipinjamkan dan menjadi sulit untuk dihubungi atau begitu saja menghilang.

Nah, mengingat hal yang terjadi pada saya belakangan ini, saya jadi ingat dengan statement teman saya itu. Ceritanya saya punya seorang kenalan. Dia pandai menjahit. Banyak pelanggannya dan sebagian besar puas dengan hasil pekerjaannya. Pada suatu pagi dia datang ke rumah saya. Saya pikir untuk mengukur badan saya karena saya punya banyak stok kain yang saya titipkan padanya untuk dijahit. Tetapi kali ini tujuannya lain. Dia mau pinjam uang saya untuk keperluan tertentu. Karena saya percaya padanya, saya minta dia mengantar saya ke atm. Lalu saya pinjamilah dia sejumlah uang sesuai permintaannya.

Dia berjanji bahwa akan mengembalikan uang saya setelah salah satu pelanggannya yang masih belum membayar jahitan melunasi ongkos jahitnya. Saya bilang bahwa tidak perlu terlalu dipikir, asal kapan saja saya punya kain untuk dijahit, saya tidak perlu membayar ongkosnya; tinggal dipotong dari uang yang dia pinjam saja, jadi hutang dia akan berkurang sesuai dengan berapa banyak jahitan yang dia kerjakan untuk saya. 

Sebulan dua bulan berlalu. Tapi dia malah sulit dihubungi. Kalau saya telpon tidak diangkat. Kalau saya sms untuk janjian ketemuan juga dia sering bilang bahwa sedang tidak bisa bertemu karena suaminya sakit atau dia sakit. Wah, saya jadi bingung. Padahal saya bukan mau menagih hutang, tapi cuma mau minta dijahitkan sprei atau mengecilkan baju.

Jadi sekarang saya menjahitkan baju sama siapa ya?? 😦

2 thoughts on “Utang oh utang…

Tinggalkan Balasan

