Bapak Tua dan Seekor Anjing

Beberapa hari yang lalu saya pergi ke daerah Mrican setelah sekian lama tidak pernah lagi menginjakkan kaki atau menyempatkan diri berkendara di daerah dimana saya dulu pernah tinggal selama setahun tersebut.

Waktu itu saya ingat, saya hendak pergi ke hotel Jayakarta karena di sana akan diadakan global housing training dari satu lembaga internasional. Dan saya ditugasi bos untuk ikut membantu pelaksanaannya sebagai interpreter merangkap menjadi nanny bagi para pesertanya.

Padat sekali jadwal kerja saya belakangan ini dan hampir tidak punya waktu untuk mengurus kehidupan pribadi. Saya capek, bosan dan sedikit depresi sebenarnya karena pekerjaan membuat hubungan pribadi saya serasa mandul.

Maka sore itu, dengan perasaan yang mandul saya melewati daerah Mrican. Langit cerah sore itu.. tapi ya kalau rasanya mandul, ya mandul aja. Langit cerah atau mendung rasanya tidak penting lagi. Anyhow (ini bahasa Indonesianya apa ya??), waktu saya melaju, saya melihat seorang bapak tua dengan seekor anjing sedang jalan-jalan sore.

Saya ingat betul, bapak-bapak ini adalah bapak yang sama dengan yang beberapa waktu sebelumnya sering saya lihat. Dia selalu mengajak anjingnya jalan-jalan tiap sore di kompleks perumahan dan kampus Mrican. Tapi dulu anjing yang dia ajak jalan-jalan bukanlah anjing yang sore itu saya lihat. Dulu  anjingnya berwarna coklat,dan tampak sudah tua. Kali ini anjing yang berjalan bersama dia adalah seekor anjing dengan bulu putih dengan spot coklat, dan anjing ini tampak masih muda.

Saya pikir, mungkin saja anjing bapak tua ini yang dulu sudah mati, dan anjing putih coklat muda ini adalah anjing barunya.

Saya tanpa sadar tersenyum sewaktu saya lewat di depannya. Dan beliaupun tersenyum kembali pada saya.

Saya terharu. Sesaat, saya merasa kesedihan saya luntur. Dunia ini indah sekali 🙂

Tinggalkan Balasan

