Menonton Jogja Broadway di Hari Selasa Sore

Kemarin Selasa saya menyempatkan diri menonton salah satu pertujukan garapan Bengkel Mime Teater yang disutradarai Andy Sri Wahyudi. Kali ini harapan saya, pertunjukannya lebih oke daripada pementasan perdananya tahun lalu, karena pertunjukan yang diberi judul Pangeran Bintang dan Putri Embun ini kali ini kembali digelar atas kerjasama dengan Teater Garasi dan diusung dalam judul acara besar: JOGJA BROADWAY. Jelas harus lebih bagus dong…kan tiketnya saja lebih mahal. 35 ribu! Ha ha ha…

Yang jelas, dari awal ketika saya tahun lalu menonton pementasan ini, saya sudah suka dengan idenya. Sederhana tetapi unik karena ide kreatifnya bermain dengan perkakas rumah tangga, dan bisa ditonton oleh semua kalangan baik segi umur maupun tingkat pendidikan.

Sore itu, saya lihat jumlah penontonnya lumayan banyak. Tidak sedikit anak usia sekolah dasar yang ramai menunggu pementasan dimulai. Artinya, keberadaan anak-anak usia sekolah sore itu menunjukkan bahwa misi tim penggarap Jogja Broadway untuk mengenalkan bahwa teater tidak melulu “berat” tapi juga bisa menyenangkan dengan  jenis pementasan yang ringan dan lebih menarik dari sisi anak-anak cukup bisa menunjukkan tanda-tanda keberhasilan.

Singkat kata, gitu deh.. saya nonton dengan nyaman bak “naik delman istimewa kududuk di muka” di kursi paling depan. Kursi nomor 13.

Garapan musik  dan lagu yang lebih beragam, perbaikan tata panggung dan kostum, juga tambahan pemain membedakan pementasan Pangeran Bintang dan Putri Embun kali ini dari pementasan perdananya dulu. Sukurnya.. memang pementasan judul yang sama di ajang Jogja Broadway ini lebih matang dan saya puas menontonnya. Eh.. ralat.. tahun lalu seingat sayang judulnya bukan Pangeran Bintang dan Putri Embun, tapi Putri Embun dan Pangeran Bintang. He he.. sekarang dibolak ya :p

Hanya…satu hal yang saya sayangkan. Kenapa nama acaranya Jogja Broadway? Kabarnya, ide event Jogja Broadway sendiri muncul dari cita-cita untuk menciptakan satu even pertunjukan yang memadukan drama tari, musik, dan tata visual yang kontinu atau rutin dan bisa dijadikan salah satu event yang menyenangkan untuk ditonton siapapun baik pelajar, pekerja, warga lokal, maupun turis yang sedang berlibur di Jogja. Misi menciptakan sebuah rangkaian sajian yang lebih menjual dan menghibur dan even yang dimasukan menjadi acara “wajib” kunjung bagi para turis dan anak sekolah sewaktu liburan ini adalah sangat keren. Tetapi setidaknya akan lebih keren lagi jika digarap dengan basis lokalitas. Jika memang terinspirasi dari Broadway sebagai sebuah industri teater profesional yang menjadi salah satu rujukan turis sebagai salah satu obyek wisata wajib tonton di kota New York, mengapa lantas secara mentah-mentah mencomot “Broadway” untuk dilekatkan sebagai judul acara?

Asumsi saya setelah mendengar “Jogja Broadway” sebagai sebuah event adalah: “Oh…. ini serangkaian pertunjukan dari Jogja yang pernah dibawa ke Broadway.” atau “Ooh, pementasan ini hasil kolaborasi seniman Jogja dan Broadway ya?”

Kenapa namanya bukan “Jogja Musical Theater” atau bahasa Indonesianya: “Jogja Teater Musikal” gitu. Atau apalah…

Hmm.. mungkin saya saja yang bodoh karena berasumsi demikian. Tetapi saya kira dengan nama Jogja Broadway, nama Broadway sebagai industri teater raksasa akan menjadi bayang-bayang nama Jogja sebagai sebuah kota seniman dengan potensi industri seni pertunjukan yang unik yang seharusnya lebih dikedepankan daripada nama sebuah Broadway.

Ayo dong.. kita kan punya identitas kita sendiri 🙂

Hmm.. terlepas dari hal yang saya sayangkan ini, saya salut dengan para pekerja seni teater Jogja yang sudah berupaya menuangkan konsep acara yang  keren ini. Semoga acara ini berlanjut sampai tahun depan, lalu tahun depannya lagi, dan depannya lagi, dan lagi… Saya pasti akan nonton lagi!

2 thoughts on “Menonton Jogja Broadway di Hari Selasa Sore

Tinggalkan Balasan

