Eww… Website yang Aneh!

Wah.. hari ini ceritanya saya mau menulis postingan tentang film-film Hollywood yang beredar di kota saya dalam kurun waktu beberapa bulan belakangan ini (yang pasti sodara bisa menebak bahwa pendapat saya tentang film-film itu adalah…super wagu dan enggak mutu). Tapi ide ini saya tunda dulu untuk ditulis karena perhatian saya tertuju sedasyat-dasyatnya oleh penemuan saya tentang satu hal di internet.

Apakah itu ?

Saya hari ini menemukan sebuah situs super aneh dan menurut saya website ini super tidak berguna. Nama website ini myfreeimplants.com. Website ini dibuat sebagai situs sosial untuk menjaring para perempuan yang merasa tidak percaya diri dengan bentuk tubuhnya dan ingin melakukan bedah plastik pada bagian-bagian tubuh yang dirasa tidak sempurna itu tetapi tidak punya biaya untuk melakukannya. Selain diperuntukkan bagi perempuan yang ingin melakukan bedah plastik tetapi terhambat masalah biaya, website ini juga menjaring para pengguna internet yang merupakan “pengambil manfaat/keuntungan” dari operasi plastik tersebut (yaitu para lelaki yang  mendambakan cewek bertubuh lebih indah dari bedah plastik). Wah.. apa nggak aneh itu??

Nah..  selain konsep tentang menjaring para perempuan yang ingin melakukan operasi plastik di website ini juga disediakan forum bagi para lelaki untuk secara suka rela memberikan dana bagi praktek bedah plastik tersebut. Begini nih kutipan dari salah satu page di website tersebut:

Benefactors

As a member of the MyFreeImplants website you have direct access to contact the many girls that are seeking help in achieving the physical appearance that they have long desired.

Once you create your account you can choose to buy message credits in several denominations. When you use your credits to send messages to the ladies they earn credit towards their procedures. You can buy credits for as low as $1.20. In addition, you have the option to signup for a monthly membership that gives you 5 message credits per month along with unrestricted access to over 1000 ladies profiles.

In addition to the unrestricted access to all of the female profiles you can also help the ladies by:

  • Sending a direct donation to her for her procedure
  • Purchase message credits that allow you to send messages to the ladies
  • Request personal custom videos from the ladies
  • Receive custom photos of your favorite girls (you may even request specific outfits*)
  • Chat 1-on-1 online in real time while getting to know the ladies
  • Live video and audio chat so you can interact virtually. Even play games online!
  • and more…

Weks.. kalau saya baca dan saya pikirkan,  dari aturan main website ini bisa dikatakan bahwa siapapun yang memberikan dana untuk operasi plastik cewek-cewek tersebut secara tidak langsung sebenarnya juga membeli bagian-bagian tubuh perempuan yang terjaring dalam situs ini ya? Lihat aja ketentuan tentang unrestricted acces untuk 1000 profil cewek, bisa minta foto cewek yang dibiayai operasi plastiknya untuk mengenakan baju sesuai yang diinginkan (wah, saya jamin nggak ada yang akan minta ceweknya berfoto dengan kostum biarawati. Ha ha ha). Bisa live video chat.. dan bisa main game online! Wah.. saya nggak bisa membayangkan form game online itu game  online yang bagaimana.

Saya mempertanyakan bagaimana website tersebut dapat menjamin keselamatan dan keamanan para cewek penerima donor operasi plastik tersebut. Mereka kan akan terdaftar dalam 1000 cewek yang profilnya bisa dibrowse oleh para lelaki benefactors tersebut. Dan meskipun kontak antara para cewek dengan cowok yang tergabung dalam situs ini hanya dilakukan secara virtual, ini juga belum bisa menjamin bahwa tidak akan ada lelaki berkepribadian meragukan (bukannya siapapun yang menjadi anggota pendonor atau yg didonor dalam website ini jelas-jelas memang berkepribadian meragukan??) untuk melacak dimana cewek itu tinggal, dan lain-lain. Apalagi para cowok itu bisa lihat bagaimana tampang para cewek yang ada di website karena mereka bebas mengakses profil para cewek.

Anyhow…  keberadaan website ini merupakan salah satu indikasi bahwa banyak sekali perempuan yang merasa tidak yakin dan minder (atau dibuat tidak yakin dan dibuat minder, dan akhirnya jadi minder beneran) dengan bentuk tubuhnya. Banyak perempuan yang lebih memilih untuk dikontrol oleh standar kesempurnaan. Banyak perempuan yang tidak jujur dengan dirinya sendiri dan orang lain dengan memilih dada palsu, hidung palsu, bibir palsu, dan lain-lain. Kalau bedah plastik dilakukan untuk kepentingan yang lebih jelas seperti misalnya bagi korban kecelakaan yang mengalami kerusakan wajah untuk menunjang supaya kehidupannya kembali normal, saya masih setuju. Tetapi ini sama sekali berbeda maksudnya karena diperuntukkan untuk memuaskan mata manusia lain (saya tidak bisa menyebutkan satu jenis kelamin tertentu karena saya kira yang suka melihat cewek-cewek bertubuh hasil bedah plastik bukan hanya laki-laki. Tetapi juga perempuan yang bukan heteroseksual).

Singkat kata, mesti dilihat juga bahwa perempuan bukan satu-satunya subyek yang bisa disalahkan. Sebab mereka tidak akan  mengambil keputusan melakukan bedah plastik  apabila tidak ada tekanan untuk terlihat cantik sesuai dengan standar tersebut. Social pressure kadang bisa sangat jahat karena ideologi kecantikan yang hidup dan menimbulkan pressure ini bisa sedemikian menyusup di kepala tiap perempuan, dan lebih jahat lagi ketika perempuan yang memutuskan untuk melakukan bedah plastik justru merasa puas dan bahagia karena sudah melakukannya. Lagian.. kenapa semua dana bedah plastik ini ditujukan untuk perempuan? Kenapa laki-laki tidak? Mungkin saja kan ada lelaki yang ingin bedah plastik di wajah, sedot lemak atau implan otot dada supaya kelihatan lebih berotot tanpa olah raga. Hi hi hi…

Social pressure memang lebih berat ditujukan pada perempuan terkait dengan  ideologi kecantikan.

Eww…sok bicara social pressure ya saya ini. Wong saya kadang-kadang juga keserempet dengan social pressure kok. Ya namanya orang hidup di tengah kelompok manusia. Kadang memang harus kompromi. Tapi.. saya milih kompromi bukan dengan jalan bedah plastik. Saya milih pakai rok mini aja deh.  Ha ha ha..

Kalau mau lihat dan cek website aneh tersbut, klik aja di:

http://myfreeimplants.com/index.asp

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s