EQO dan EYD (Ejaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar)

DSC02409Suatu hari, ketika saya sedang online pada sebuah situs internet yang sangat popular di kalangan berbagai umur, etnis dan ras (apaan tuh??), seseorang berusia belasan tahun yang saya ijinkan untuk menjadi teman dalam daftar teman-teman saya menyapa saya untuk pertama kalinya lewat chat box alias kotak percakapan (huu.. kok jelek ya terjemahannya?). Saya pikir, nama dia Eko. Tapi mungkin dia kurang puas dengan nama “Eko” yang adalah pemberian orang tuanya, jadi dia menulisnya “Eqo”. Mungkin terlihat lebih trendy menurutnya kalau dia ganti huruf “K” dengan “Q”. Beginilah rincian percakapan tersebut:
Eqo : mlemm,,,,

9:12pm Bakti : ini malem ya?

9:12pm Eqo : tyus ap dunk,,,

9:13pmBakti : tyus..tyus.. pakai bahasa indonesia yang baik dan benar dong. hehehe.. kamu kayak anak baru belajar ngomong aja 😀 habis lulusan ya? 🙂

9:14pm Eqo : yah kyk nenek ne,,,bawel. e em,,,,km las brp,,??skul dmn??

9:14pm Bakti : habis aku geram.. sekarang banyak banget anak muda nulisnya nggak beres. aku jadi “aq”. mau jadi “mw”. nggak jelas. heran, gimana sih sistem pengajaran bahasa indonesia di sekolahannya??

9:16pm Eqo : he,,,:)

9:16pm Bakti : ketawa lagi..

9:16pm Eqo : emg km mw jd gru bhs indo yah…

9:16pmBakti : bukan begitu. aku punya kekhawatiran.. lama-lama bahasa indonesia jadi ancur. keasliannya jadi rusak. bisa nangis tuh para penulis yang dah ada di kuburan. bisa pada hidup lagi.. membalas dendam. Hahahahahhaha.

9:18pm Eqo : tyus qu hrs gmn,,,gk leh dsinkt yah

9:18pm Bakti : kalau disingkat tuh yang bagus dong. aku pusing bacanya. kadang singkatannya nggak logis. tulisan itu menunjukkan logika penulisnya lho. kalau nulisnya nggak jelas begitu, logika penulisnya juga carut marut.

9:20pm Eqo : NIAT na maw knln mlh diomlin nih,,,

9:20pm Bakti : wakakakaka.. hahahahah.. maap man! Hihihihi. tapi aku bilang begini juga ada tujuannya lho.

9:21pm Eqo : ya dah ud puas kn ngmelin na ,,,skrg knln yah??

9:21pm Bakti : tapi aku bilang itu ke kamu tujuannya baik lho:) sori kalo kayak emak2.

9:22pm Eqo : ea qu ngerti kug,,,:)

9:22pm Bakti : ya udah tua kali ye.. itu apa lagi?? “kug”. tulis “kok” aja emang susah ya? 😀

9:22pm Eqo : ea qu ngerti kok,,,

9:22pm Bakti : “qu”. “ku”.

9:22pm Eqo : km msi skula ta???

9:22pm Bakti: hahahaha.. hmm…

9:23pm Eqo : ea aku

9:23pm Bakti : iya.. ea :p . aku lulus smu tahun 2000. lulus kuliah tahun 2005 😀

9:24pm Eqo : owh pantesan…

9:24pm Bakti : kamu nggak lihat tanggal lahir di wall-ku ya? Hahahahahaah. Iya. aku tuh bukan remaja eranya kamu. Hahahahah..adik manis 😀 ..wakakakaka.

9:25pm Eqo : hehehe maap y kakak,,,

9:25pm Bakti : hahahahha

9:25pm Eqo : qu lum baca

9:25pm Bakti : tidak apa-apa adik, hihihi, tidak apa-apa

9:25pm Eqo : lngsung qu coment aj

9:25pm Bakti : bukan salahmu. tampangku saja yg sangat awet muda 😀

9:26pm Eqo : tyus kakak skrg ne sibuk ap???

9:26pm Bakti : kerja dong.. apa lagi?

9:26pmEqo : yee narsis ne kakak

9:26pm Bakti : yeee

9:26pm Eqo : kerja dmn???

9:26pm Bakti : aku bilang awet muda karena hampir semua bilang gitu, dan ada yg pikir aku masih sekolah di smp. Hahahah. webmaster buat http://www.gilazuzia.com. coba aja buka tuh website.

9:27pm Eqo : hehehe ea kali yah,,,qu jg lum liaat fto na kug

9:27pm Bakti : aku personal asisten juga. ya.. silahkan deh dilihat-lihat fotonya.

9:27pm Eqo : weit gk ngerti aq

9:28pm Bakti : nggak ngerti apa?

9:28pm Eqo : gk ngerti lck ud emak2,,,hahaha. bcanda loh

9:28pm Bakti : lck?? apaan tuh? emak2 palelu!!

9:29pm Eqo : kalau mksd na kakak,,hehehe

9:29pm Bakti : nggak nyambung ah.. kamu nggak menjawab pertanyaan.

9:30pm Eqo : prtnyan ap??

9:30pm Bakti : kamu ngetik “lck”. apa itu? lecek? licik? atau salah ketik?

9:31pm Eqo : ud aku jawab kug,,,lck= kalau,

9:31pm Bakti : ha….. jauh banget. itu sih namanya singkatan yang ngawur. Hahahahha.

Setelah itu, si pemuda belasan tahun bernama Eko ini tidak membalas saya lagi. Dia offline tanpa permisi. Agaknya saya keliwat cerewet memang untuk dia dan sudah ketuaan untuk digoda. Ha ha ha.. Tapi rasanya saya puas sudah mengkritiknya (kata dia sih memarahinya). Agaknya ini adalah percakapan kami yang pertama sekaligus juga yang terakhir. Saya tidak menyangka, bahwa saya akan membuatnya sekapok itu untuk bicara dengan saya. Ha ha ha… kasihan kamu EQO ;p
Ya, saya bisa memaklumi trend penulisan bahasa Indonesia populer yang sedang merebak sekarang ini. Sebab bahasa dan penulisannya merupakan bagian dari gerak budaya alias kultur yang diciptakan oleh manusia dan masyarakat. Tetapi tiap kali saya lihat atau membaca sesuatu yang disingkat-singkat semacam ini, wah, saya jadi pusing dan emosi. Saya mempertanyakan, bagaimana ketika mereka anak-anak muda usia sekolah biasanya menulis karangan ketika mereka sedang belajar di sekolah? Apakah trend menyingkat kalimat juga berlaku? Apakah guru mereka cukup aware? Sebagai catatan, ini bukan cuma tanggung jawab guru bahasa Indonesia lho..
Menurut pengamatan saya, dan saya yakin banyak teman juga memperhatikan bahwa kebiasaan menyingkat kata-kata ini bermula dari kebiasaan menulis teks pesan pendek telepon seluler alias SMS. Saya punya seabrek ingatan tentang berapa banyak saya menerima SMS dengan hampir semua kata dalam SMS tersebut menjadi kurban penyingkatan alias penyunatan (walah, setahu saya yang biasa disunat itu cuma penis, atau dana pembangunan dan dana bantuan). Saya yakin sih, tujuan awal menyinkat kata adalah: membuat pesan itu menjadi efektif dan padat agar semua pesan bisa masuk dalam satu kali pengiriman. Tapi sering kali saya lihat bahwa mereka yang menyingkat kata-kata malah membuat satu kata menjadi lebih panjang dari kata aslinya. Misalnya saja kata “semuwa“, kenapa repot menulis demikian kalau bisa ditulis “semua“ ? Lalu kata “maav” kenapa tidak ditulis “maaf” saja sebagaimana biasanya? Ini sih namanya bukan efektif lagi.

Wah… saya tidak tahu, sebenarnya para pelaku penyingkat kata yang patut dipertanyakan, atau ini karena saya yang sangat cerewet, sudah tua dan tidak gaul? 😦

Iklan

2 thoughts on “EQO dan EYD (Ejaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s